pengumuman

pengumuman
Home » » Menakar Efektifitas Tagline Baru PKS

Menakar Efektifitas Tagline Baru PKS

Written By Unknown on Sabtu, 13 April 2013 | 14.16


by @alejandro_law17

  1. Pada pemilu 2014, PKS merubah tagline mereka dari bersih, peduli & profesional menjadi cinta, kerja & harmony.

  1. Setiap kali kita membicarakan sesuatu, maka kita harus mengawalinya dari sebuah definisi agar terarah. Dalam hal ini definisi slogan.

  1. Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yg menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan (ringkas KBBI).

  1. Bersih peduli & profesional sebenarnya sangat bagus sbg slogan karena kalimat tersebut sangat mudah diingat sebagai tujuan sebuah parpol.

  1. Permasalahan yg timbul adalah apabila karena kurang pahamnya pengertian slogan sehingga sebuah slogan kita artikan sebagai sebuah klaim.

  1. Perlu ditekankan bahwa slogan adalah tujuan ringkas sebuah pergerakan. Maka salah jika ada yg beranggapan slogan sebagi sebuah pengakuan.

  1. Kesalahan cara memahami pengertian ini berimplikasi sangat fatal jika dianggap sebagai klaim. Contohnya kata bersih peduli profesional.

  1. Kesimpulan salah dr publik yg menganggap PKS nggak sesuai dengan slogannya saat ada kasus korupsi menimpa PKS. Ujungnya ngatain munafik.

  1. Lain halnya jika slogan dimaknai secara benar sebagai tujuan, jika terjadi paradoks antara slogan dengan fakta-

  1. maka tujuan yang terangkum dalam slogan tersebut hanya dimaknai sebagai sebuah kegagagalan. Dengan begitu kata munafik nggak akan muncul.

  1. Jika sebuah tujuan / target belum benar-benar tercapai, maka bukan berarti gagal. Hanya memerlukan proses & kesempatan lebih lama lagi.

  1. Selanjutnya, slogan sangat berpengaruh thd psikologis setiap unsur yg terikat dalam slogan tsb dan berfungsi sebagai alert/early warning.

  1. Diharapkan dgn sebuah slogan maka unsur individu yg terikat di dalamnya mampu merekamnya sebagai sebuah mind set untuk diaplikasikan.

  1. Jika anda nggak sesuai dengan slogan, maka anda sebenarnya sedang menggagalkan rencana besar. itu pesan singkat sebuah slogan.

  1. Cinta kerja & harmony. Efektifkah sebagai sebuah tagline baru untuk mendulang simpati atau mengembalikan kepercayaan publik?

  1. 3 kata tersebut terlalu umum, normatif bahkan jauh dari nuansa politik yang selama ini ditaburi dengan berbagai slogan luhur & muluk.

  1. Mungkin karena Anis Matta prnh brpesan bhw PKS akan merubah kesan politik sebagai sesuatu yg menyeramkan mnjadi sesuatu yg menyenangkan.

  1. Tapi kalo dilihat dari perspektif marketing, justru kata yang familiar ini menjadi senjata simple yang akan membuat PKS makin berbeda.

  1. Bahkan Rooser reeves telah sejak lama memperkenalkan Unique selling proposition sebagai sarat utama efektifnya sebuah iklan yaitu unik.

  1. PKS dengan tagline baru-nya adlh sebuah strategi cakep yg menonjol karena sebuah simplicity, nggak neko-neko tapi punya makna yg kuat.

  1. Kata "cinta" adalah salah satu kata paling populer di dalam dunia seni & kehidupan nyata yang identik dengan keindahan & pengorbanan.

  1. Kata cinta akan berimplikasi positif pd kata kedua yaitu kerja. Atas nama cinta seseorang bisa memberikan sebuah totalitas dalam bekerja.

  1. Karena cinta pula akan lahir sebuah harmoni dari keberagaman Indonesia baik suku, ras atau berbagai perbedaan Ideologi dan pandangan.

  1. Rakyat udah bosen dengan janji muluk politisi yg menghasilkan sebuah kekecewaan. Rakyat hanya butuh kata sederhana yang bisa dibuktikan.

  1. Dengan cinta semoga PKS mampu menata ulang tujuannya sehingga bisa bekerja dengan sebuah totalitas untuk mewujudkan Indonesia yg harmony.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Humas PKS Lotim
Copyright © 2011. PKS Gumi Selaparang | Lombok Timur - NTB - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template
Proudly powered by Blogger