pengumuman

pengumuman
Home » » KPU Lotim Minta Masyarakat Tunggu Pengumuman Resmi

KPU Lotim Minta Masyarakat Tunggu Pengumuman Resmi

Written By Unknown on Rabu, 15 Mei 2013 | 16.23



Lotim – Dua pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Lombok Timur, yakni Ali Bin Dachlan – Haerul Warisin (Alhaer) dan pasangan Sukiman Azmy – Syamsul Luthfi (SUFI) hingga saat ini masih saling klaim kemenangan pada pemilihan Senin 13 Mei lalu, berdasarkan hasil rekapitulasi masing-masing pasangan.

Kubu tim sukses pasangan Alhaer, merasa optimis memenangkan Pemilukada Lotim. Sementara tim sukses Sufi masih menunggu keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur.

Sekretaris tim sukses pasangan Alhaer, HM Tohri mengaku tetap mengacu pada hasil rekapitulasi dan penetapan KPU Lombok Timur. Namun tidak dipungkiri jika pihaknya juga melakukan rekapitulasi secara manual dengan mengambil data dari Saksi, Koordinator Desa (Kordes), Koordinator Kecamatan (Korcam).

"Rekapitulasi itu berdasarkan laporan dari Saksi, Kordes dan Korcam, sehingga hasilnya juga valid,” kata Tohri kepada wartawan di rumahnya, Rabu (15/5/2013).

Sampai rekapitulasi hari ini, (Rabu, 15/5/2013), pasangan nomor urut 1 (Alhaer) masih unggul dibanding pasangan nomor urut 3 (Sufi) dengan perbandingan Alhaer meraup suara sebanyak 276.815 suara, sementara Sufi hanya memperoleh 252.082 suara.

“Pasangan Alhaer menang di 12 kecamatan, yakni Selong, Labuhan Haji, Sukamulia, Suralaga, Pringgasela, Masbagik, Terara, Sikur, Sakra Timur, Sakra Barat, Keruak, dan Sambelia. Sedangkan pasangan Sufi hanya menang di delapan kecamatan, diantaranya Montong Gading, Sakra, Jerowaru, Wanasaba, Aikmel, Suela, Sembalun, dan Peringgabaya. Data ini hanya digunakan untuk internal Alhaer," kata Tohri.

Data internal tim Alhaer ini, katanya, bisa dijadikan pembanding dengan hasil rekapitulasi KPU. "Data itu sifatnya hanya sementara, karena masih bisa bertambah atau berkurang, namun Paket Alhaer tetap optimis memenangkan Pemilukada Lotim. Kami juga tetap menunggu hasil resmi dari KPU," ungkapnya.

Di tempat terpisah, Ketua tim sukses pasangan Sufi, H Mahsun Faisal mengatakan, pihaknya belum bisa menyampaikan data Valid hasil rekapitulasi internal tim kepada publik. Karena, rekapitulasi perolehan suara masih dilakukan di tingkat internal timses.

Meski demikian, Sekretaris tim sukses pasangan Sufi, Heri Sabri mengatakan, hasil perolehan sementara pasangan nomor urut 3 (Sufi) sebanyak 265.170, sedangkan pasangan Alhaer hanya mendapat 251.895 suara, selisih sebanyak 13.275 suara.

Terkait adanya klaim kemenangan dari pasangan calon lain, Heri Sabri mengaku tidak terlalu mempermasalahkan karena itu hak masing-masing tim sukses pasangan calon untuk mengklaim kemenangan.

“Kalau soal klaim kemenangan, kami tidak persoalkan. Itu hak mereka untuk menyatakan diri menang. Kita tunggu saja hasil pengumuman resmi rekapitulasi yang dilakukan KPU Lombok Timur,” kata Heri Sabri.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Lotim, Khairil Anwar mengaku tidak bisa memberikan putusan pasangan mana yang kalah dan menang, sebab saat ini masih dilakukan rekapitulasi dan penghitungan surat suara di tingkat desa dan Kecamatan.

Karena itu, Khairil Anwar mengharapkan kepada seluruh massa pendukung dan simpatisan masing-masing pasangan calon untuk tetap bersabar sambil menunggu pengumuman resmi dari KPU Lombok Timur.

Anwar mengatakan, proses penghitungan suara akan dilakukan mulai dari tingkat TPS, PPS, PPK dan KPU yang waktunya 9 hari setelah pelaksanaan Pemilukada.

“Jika KPU terlebih dahulu mengumumkan hasil Pemilukada dengan menggunakan perhitungan cepat, maka hal itu melanggar proses yang ada. KPU Lotim akan melakukan penghitungan hasil suara dengan mengacu pada proses dan aturan yang sudah ada,” jelas Anwar. (ari)

Sumber: Lombokita.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Humas PKS Lotim
Copyright © 2011. PKS Gumi Selaparang | Lombok Timur - NTB - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template
Proudly powered by Blogger