pengumuman

pengumuman
Home » » LSI dan PKS: Pemilukada NTB Berlangsung Satu Putaran

LSI dan PKS: Pemilukada NTB Berlangsung Satu Putaran

Written By Unknown on Kamis, 09 Mei 2013 | 06.39





Hasil Survei LSI

Lingkar Survei Indonesia (LSI) merilis hasil surveinya terkait dengan pemilukada NTB. Rilis yang disampikann pada Selasa (7/5) tersebut menyatakan bahwa LSI  melakukan pengumpulan data mulai tanggal 29 April sampai 3 Mei 2013 dengan menggunakan metode sampling yang disebar di semua Kabupaten/Kota se NTB dengan jumlah respon sebanyak 440 orang dengan menggunakan tatap muka serta dilengkapi dengan riset kualitatif dengan margin eror 4,8 persen.

Hasilnya, sebanyak 67 persen masyarakat NTB menginginkan pemilukada hanya berlangsung dalam satu putaran. Dijelaskan lebih lanjut, jika NTB menghendaki pemilukada berlangsung satu putaran, dari persepsi yang dikatakan LSI sebanyak 41,60 persen publik menjawab pasangan TGB AMIN, sebanyak 16.70 persen mengatakan Zul Ichsan, sementara pasangan HARUM sebanyak 11,40 persen dan yang paling sedikit pasangan SJP JOHAN dengan angka 1,20 persen. (lombokkita)

PKS dengan Mesin Politiknya

Dalam pilkada NTB, setidaknya ada tiga hal yang menjadi sumber kekuatan PKS dalam mendulang suara, yaitu kader PKS, jaringan relawan dan kampanye “bgerusuk” SJP-Johan.

Dalam kagiatan “bgerusuk” yang dilakukan SJP-Johan, dalam setiap harinya masing-masing tokoh (SJP dan Johan) mengunjungi sepuluh titik. Jika dalam 20 hari masa kampanye yang ditetapkan oleh KPU NTB, maka kedua tokoh ini secara keseluruhan telah mengunjungi 400 titik (20 hari x 20 titik).
SJP berdiskusi dengan warga

Dalam praktek di lapangan, bentuk kunjungannya beragam, ada yang dialogis dengan warga, ada juga yang berupa kunjungan singkat. Setiap titik dihadiri paling sedikit oleh 50 tokoh setempat. Dengan menggunakan matematika sederhana, kita bisa mengetahui bahwa dalam 20 hari tersebut SJP-Johan sudah mampu mengumpulkan 20.000 tokoh masyarakat. Bukan kumpul-kumpul biasa, tapi juga dialogis.
SJP mendapat doa restu daru TGH Ismail Thohir
Apabila kita asumsikan setiap tokoh mampu mengajak masanya untuk memilih SJP-Johan sebanyak 50 orang saja, maka dari brusukan ini pasangan SJP-Johan sudah mampu meraup sebanyak satu juta suara (20.000 tokoh x 50 orang). Padahal, itu baru perhitungan minimal, karena ada juga tokoh yang mampu mengajak 100 hingga 200 orang. Artinya, kampanye dialogis oleh SJP-Johan ini mampu menghasilkan lebih dari 1 juta pemilih.

Angka-Angka tersebut belum lagi ditambah oleh kerja-kerja struktur PKS yang dikenal sangat solid. Saya sendiri belum lama pulang ke Lombok, sehingga saya kurang tau berapa jumlah kader PKS NTB. Tapi kita asumsikan PKS di NTB ini mempunyai 5 ribu kader, meski jumlahnya saya kira lebih dari itu. Secara struktural, PKS NTB memberikan beban kepada setiap kadernya sebanyak 200 orang.
Kader PKS sosialsasi SJP Johan di pusat-pusat keramaian
Memang fakta dilapangan tidak semua kader PKS mampu mengajak orang sebanyak itu. Tapi tidak sedikit juga yang justru mampu mengajak lebih banyak dari target yang ditetapkan. Berdasarkan hal itu, apabila masing-masing kader mampu mengajak 50 orang untuk memilih SJP-Johan. Maka dari kerja kader ini, SJP-Johan sudah mendapatkan 250.000 suara.

Jangan lupa, relawan SJP-Johan juga bekerja luar biasa. Saya sendiri tidak begitu detail menenai jumlah dan pola kerja relawan ini. Yang saya tau adalah semangat mereka dalam memenangkan pasangan SJP-Johan. Kita asumsikan kerja relawan ini menghasilkan jumlah suara yang sama dengan kerja kader, 250.00 suara.
SJP diarak oleh relawan

Jika kita total semuanya? Hasil brusukan 1 juta suara, kerja kader 250 ribu suara, dan hasil kerja relawan dan lain-lain 250 ribu suara. TOTAL keseluruhan pasangan SJP-Johan mendapatkan 1,5 juta suara. Itu artinya, jumlah perolehan suara itu sudah cukup untuk memenangkan SJP-Johan dalam satu putaran. #SJPJohanMenang…!

Jadi baik LSI ataupun PKS mempunyai kesimpulan yang sama, yaitu pemilukada hanya berlangsung dalam satu putaran.

Penulis: Ibnu Mulk
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Humas PKS Lotim
Copyright © 2011. PKS Gumi Selaparang | Lombok Timur - NTB - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template
Proudly powered by Blogger