pengumuman

pengumuman
Home » » KPU Pangkas 398 TPS Pilkada NTB

KPU Pangkas 398 TPS Pilkada NTB

Written By Unknown on Minggu, 31 Maret 2013 | 07.58



Mataram, 30/3 -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) memangkas 398 unit Tempat Pemungutan Suara (TPS) pemilihan kepala daerah (pilkada) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), sebagai langkah efisiensi anggaran.

"Semula jumlah TPS ditetapkan 9.322 unit, kemudian dipangkas 398 unit sehingga menjadi sebanyak 8.924 unit," kata Ketua KPU Provinsi NTB Fauzan Khalid, di Mataram, Sabtu. Fauzan mengatakan, anggaran KPU yang dialokasikan dari APBD Provinsi NTB tahun anggaran 2013 untuk kebutuhan pilkada sebesar Rp130 miliar, dan sekitar 80 persen dari dana itu diperuntukan bagi honor penyelenggara di tingkat kecamatan hingga desa/kelurahan.

Jumlah anggaran itu masih dikategori kurang, karena perkiraan KPU NTB kebutuhan anggaran pilkada mencapai Rp135 miliar, sehingga ditempuh langkah-langkah efisiensi anggaran. "Dari nilai itu, hanya 20 persen dari dukungan APBD itu yang dipergunakan untuk logistik pemilu, dan kegiatan lainnya seperti biaya debat publik yang disiarkan langsung televisi nasional, dan sosialisasi," ujarnya.

Sekitar 80 persen dukungan dana, lanjutnya, dibutuhkan untuk membayar honor penyelenggara, seperti untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebesar Rp1 juta/bulan untuk ketua, dan Rp750 ribu/bulan untuk anggota sebanyak empat orang, dan staf sekretariat juga empat orang.

PPK bekerja selama delapan bulan. Jumlah PPK untuk penyelengaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode lima tahun berikutnya itu sesuai jumlah kecamatan yakni sebanyak 119 kecamatan (termasuk tiga kecamatan pemekaran).

Selain itu, honor untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) masing-masing sebesar Rp750 ribu/bulan untuk ketua dan Rp600 ribu/bulan/orang untuk empat orang anggota. PPS bekerja selama dua bulan.
Honor juga diberikan kepada sebanyak 1.135 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDT) sesuai jumlah desa/kelurahan, masing-masing sebesar Rp200 ribu/bulan untuk masa kerja dua bulan.

"Setelah dilakukan pencermatan, jumlah TPS dapat dipangkas, sehingga ada upaya efisiensi anggaran sekitar dua miliar rupiah," ujarnya.

Proses pilkada NTB tengah berulir, dan kini menjelang tahapan kampanye pada 16 April hingga 9 Mei 2013, setelah penetapan pasangan calon dan penentuan nomor urut.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Humas PKS Lotim
Copyright © 2011. PKS Gumi Selaparang | Lombok Timur - NTB - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template
Proudly powered by Blogger