pengumuman

pengumuman
Home » , » Anis Matta Ziarah ke Bale Belek Datu Pejanggik

Anis Matta Ziarah ke Bale Belek Datu Pejanggik

Written By Unknown on Selasa, 09 April 2013 | 04.47



Setelah membakar gelora semangat ribuan kader dan simpatisan PKS di Ballroom Hotel Lombok Raya, Anis Matta menyempatkan diri bersama rombongan DPP PKS berziarah ke Bale Belek Datu Pejanggik. Bale Belek (Istana-red) merupakan pusat Istana Datu (Raja-red) Pejanggik sekaligus menjadi sentral pemerintahan Kerajaan Pejanggik. Kerajaan Pejanggik yang dulu terletak di Desa Pejanggik Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah merupakan salah satu kerajaan terbesar dan bernafaskan islam di Pulau Lombok. Menurut sejarah, Kerajaan Pejanggik berperan sangat besar dalam proses penyebaran Agama Islam di Pulau Lombok.

Seperti kunjungannya ke daerah-daerah yang lain, Anis Matta selalu menyempatkan diri ke situs-situs sejarah. Hal ini ia lakukan dalam rangka menggali kembali khazanah sejarah di nusantara. Ia juga menegaskan dengan berkunjung ke situs-situs sejarah dapat menguatkan kembali memori sejarah bangsa. Sebagaimana pepatah yang masyhur, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah”. Oleh karena itu, silaturrahim dan revitasilasi situs-situs sejarah menjadi bagian agenda nasional PKS. Ia juga berharap, hal ini juga seharusnya menjadi program khusus bagi Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yang akan datang.

“Silaturrahim ke Bale Belek Datu Pejanggik ini dan langsung bertemu dengan keturunan-keturanan Datu Pejanggik dalam rangka menghidupkan kembali dan merevitalisasi kembali semua situs sejarah di Indonesia secara umum, dan secara khusus situs seajarah islam. Oleh akrena itu ini menjadi agenda nsional PKS. Secara khusus juga, agenda ini harus menjadi agenda kerja Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yang akan datang”, paparnya dalam kesempatan itu.

Saat Anis Matta silaturrahim ke Bale Belek, tampak salah situs sejarah Islam terbesar di Pulau Lombok itu masih dalam proses pemugaran/revitalisasi tahap awal. Anis sangat mendukung usaha-usaha revitasliasi situs-situs sejarah bangsa. Ia juga berharap adanya integrasi antara revitaliasi situs-situs sejarah dengan program pariwisata. Hal ini perlu dilakukan agar proses pembelajaran sejarah dapat terlaksana secara efektif dan massif. 

TGH. Ahmad Dimyati Muslim Umar yang merupakan salah satu keturunan Datu Pejanggik sangat senang dan bersyukur dengan adanya kunjungan Presiden PKS ke situs Bale Belek. Ia sangat mengapresiasi gagasan Anis Matta yang akan memperjuangkan agar situs Bale Belek masuk dalam salah satu cagar budaya. Harapannya sangat besar agar Bale Belek nantinya akan manjadi pusat sejarah Islam dan sebagai pusat studi sejarah penyebaran islam di Pulau Lombok.

“Alhamdulillah. Beliau datang dengan menunjukkan rasa cinta dan rasa tulus kepada keluarga besar kami yaitu keturunan Datu Pejanggik. Saat ini keluarga besar kami sedang disibukkan dengan pemugaran puing sejarah Kerajaan Pejanggik. Kami berharap nantinya Bale Belek ini akan menjadi pusat sejarah isalam dan pusat penelitian sejarah penyebaran islam bagi generasi-generasi muda yang akan datang”, ungkapnya di sela-sela kunjungan itu.

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yang diusung PKS (SJP-JOHAN) juga tampak mendampingi Presiden PKS beserta rombongan. Sebelumnya SJP juga telah membangun komunikasi yang intens dengan pihak pengelola Bale Belek Datu Pejanggik. SJP juga sangat mendukung proses revitalisasi situs sejarah islam di Lombok Tengah ini dan berkomitmen membantu usaha tersebut. “Jadi Gubernur ataupun tidak, saya berkomitmen menyukseskan pemugaran kembali puing-puing sejarah Datu Pejanggik ini”, tegasnya pada kesempatan itu. [hms]

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Humas PKS Lotim
Copyright © 2011. PKS Gumi Selaparang | Lombok Timur - NTB - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template
Proudly powered by Blogger